PERANCANGAN GAME EDUKASI "SINANG ADVENTURE" SEBAGAI UPAYA MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR UNGGAH-UNGGUH BAHASA JAWA ANATOMI TUBUH MANUSIA UNTUK KELAS 1 SEKOLAH DASAR
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Adams, D.M. (1975). Simulation Games: An Approach to Learning. Ohio: Jones
Publishing Company.
Adams, Ernest. (2010). Fundamentals of game design 2nd edition. Berkeley: New Riders Publishing.
Bates, Bob. (2006). Game Design Second Edition. Boston. USA: Course Technology
Bagaskara, Irse. (2016). Game Edukasi Bahasa Jawa Untuk Kelas 2 Sekolah Dasar
Bogdan dan Taylor. 1975. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remadja Karya
Darasuprapta, dkk. (1996). Pedoman Penulisan Aksara Jawa. Yogyakarta : Yayasan Pustaka Nusatama.
Endang Rahayu, “Pembelajaran Bahasa Jawa Sebagai Wahana Pembelajaran Watak Pekerti Bangsa†dalam http://ki-demang.com diakses pada tanggal 25 Oktober 2018
Hamalik, Oemar. (2001).Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Handriyantini, E. (2009). Permainan edukatif (educational games) berbasis komputer untuk siswa sekolah dasar. E-Indonesia invitiative 2009
Henry, Samuel. (2010), Cerdas dengan Game: Panduan Praktis Bagi Orangtua dalam Mendampingi Anak Bermain Game. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Idham Sumirat, “Model Pembelajaran Membaca dan Menulis Bahasa Jawa di Sekolah Dasar†dalam http://urangkurai.blogspot.com diakses pada tanggal 25 Oktober 2018
Ilham, Muhammad, "Antar Muka Pengguna User Interface" dalam https://muhammadilhamx.wordpress.com/2016/02/18/antarmuka-pengguna-user-interface/ diakses pada tanggal 9 Agustus 2019
Ismail, Andang. (2006). Education Games. Yogyakarta : Pilar Media.
KBBI online – “Bahasa†dalam https://kbbi.web.id/bahasa diakses pada tanggal 7 November 2018
Kusrini, M.kom dan Andri Koniyo, (2007), Tuntunan Praktis membangun sisteminformasi Akuntansi Dengan Visual Basic dan Microsoft SQL Server,Yogyakarta : ANDI.
Ladjamudin, bin Al-Bahra. (2005). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Lauthfi, "Definisi Desain Grafis" dalam lauthfi.wordpress.com/2008/08/21/definisi-desain-grafis/ diakses pada tanggal 9 Agustus 2019
Marjono, Ichsan. (2015). Kulina Basa Jawa Kangge Kelas 1 SD/MI. Klaten: Intan Pariwara
Muslich, Masnur. (2008). Fonologi Bahasa Indonesia Tinjauan Deskriptif Sistem Bunyi Bahasa Indonesia. Jakarta : Bumi Aksara.
Nafisah, Syifaun. (2003), Grafika Komputer dengan Borland C++ B Builder Profesional. Indonesia: Gria Ilmu.
Noviriesca, Vega (2017). Perancangan Card Game Sebagai Media Permainan Dan pembelajaran Dengan Materi Pengenalan unggah-Ungguh Basa Jawa
Petter Salim dalam Dahlan Y. (2000). Kamus Induk Istilah Ilmiah. Surabaya: Target Press.
Piaget, Jean. (2010). Psikologi anak. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Poedjosoedarmo, Soepomo. (1979). Tingkat Tutur Bahasa Jawa. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Dep Dik Bud.
Russel, Verrill. (1986). Otto Klepprer's Advertising Procedure: SAGE
Sadiman. (1993). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan. Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Schell, Jesse. (2008). The Art of Game Design. United States of America : Morgan Kaufmann Publishers.
Soekidjo Notoatmodjo. (2003). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
DOI: https://doi.org/10.33633/ctr.v1i02.3283
Article Metrics
Abstract view : 498 timesPDF - 475 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
diterbitkan oleh:
Universitas Dian Nuswantoro
Jl. Imam Bonjol, No. 207, Semarang, Provinsi Jawa Tengah
Telp :(024) 3575916
Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA 4.0