STUDI VISUAL KEMASAN VS CITA RASA INDONESIA PADA KEMASAN PRODUK KERIPIK SINGKONG RASALOKAL
Abstract
Rasalokal merupakan brand yang memiliki visi
mengangkat kembali kearifan kuliner Nusantara melalui camilancamilan
yang diproduksinya. Dalam mengenalkan cita rasa
Nusantara pada kemasan produk, semua komponen visual sangat
menentukan terutama pada warna, tipografi, merek, layout, dan
juga ilustrasinya untuk menggambarkan cita rasa Indonesia.
Penelitian ini dilakukan untuk melihat keterkaitan antara desain
kemasan dengan visi Rasalokal terkait cita rasa Indonesia melalui
kajian atas komponen visual, komposisi, dan makna visual desain
kemasannya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif
kualitatif, sedangkan metode pengumpulan data bersumber dari
beberapa kemasan keripik singkong Rasalokal, buku-buku, karya
ilmiah, tesis, internet dan sumber-sumber mendukung lainnya.
Metode analisis yang digunakan adalah teori semiotika Ferdinand
de Saussure. Unsur-unsur visual yang diperlihatkan pada kemasan
keripik singkong Rasalokal baik bagian depan maupun belakang
saling berhubungan satu sama lainnya dan mencerminkan ciri
khas Nusantara dari berbagai daerah dengan kemasannya yang
modern.
Full Text:
PDFReferences
Bangun, Sem C. (2011). Kritik Seni Rupa. Bandung: Penerbit ITB.
Beardsley & Schueller. (1967). Aesthetic Inquiry. Belmout, California: Dickenson Publishing
Company, Inc.
Butkeviciene, V., Stravinskiene, J., & Rutelione, A. (2008). Impact of Consumer Package
Communication on Consumer Decision Making Process. Inzinerine Ekonomika-Engineering
Economics.
Craig, James., Korol Scala, Irene., Bevington, William. (2006). Designing With Type: The Essential
Guide to Typography. New York: Watson-Guptill Publications.
Djaslim, Saladin. (2007). Manajemen Pemasaran. Bandung: Linda Karya.
Ebdi Sanyoto, Sadjiman, Drs. (2005). Dasar-Dasar Tata Rupa dan Desain. Yogyakarta: Arti Bumi
Intara.
Feldman E, Bruke. (1967). Art As Image and Idea. New Jersey: Prentice Hall.
Giwanda, Griand. (2004). Panduan Praktis Belajar Fotografi. Jakarta: Puspa Swara. 73.
Julianti, Sri. (2014).The Art of Packaging. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Klimchuk, Marianne Rosner dan Krasovec, Sandra A. (2006). Desain Kemasan: Perencanaan Merk
Produk yang Berhasil Mulai dari Konsep sampai Penjualan. Jakarta: Erlangga.
Kusrianto, Adi. (2010). Pengantar Tipografi. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo.
Louw, A. & Kimber, M. 2007. The Power of Packaging, The Customer Equity Company.
Muchtadi,T.R. (1998). Kajian Terhadap Serat Makanan dan Antioksidan dalam Berbagai Jenis
Sayuran untuk Pencegahan Penyakit Degeneratif. Bogor:IPB-Press.
Piliang, Yasraf Amir., & Jaelani, Jejen. (2018). “Teori Budaya Kontemporer Penjelajahan Tanda
dan Makna.” Yogyakarta: Aurora.
Pirous, AD. (1989). Desain Grafis pada Kemasan. Makalah Simposium Desain Grafis, FSRD ISI
Yogyakarta.
Program Studi Desain Komunikasi Visual FSR ISI Yogyakarta dan Studio Diskom. (2009). Irama
Visual. Yogyakarta : Jalasutra.
Saussure, Ferdinand de. (1973). Cours De Linguistique Generale. Hidayat, Rahayu S. (1988).
Gadjah Mada Uninersity Press: Yogyakarta, Indonesia.
Sihombing, Danton. (2001). Tipografi Dalam Desain Grafis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Smith, P., & Taylor, J. (2004). Marketing Communication: An Integrated Approach. (K. K.
Limited, Ed.). London.
Syarief, R. dan A. Irawati. (1988). Pengetahuan Bahan untuk Industri Pertanian. Jakarta:
Mediyatama Sarana Perkasa.
Tjipto R, Sudjadi. (2019). Desain Grafis Kemasan UMKM. Yogyakarta: Deepublish.
Wirya, Iwan (1999). Kemasan yang Menjual. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
DOI: https://doi.org/10.33633/ctr.v2i2.4892
Article Metrics
Abstract view : 75 timesPDF - 493 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
diterbitkan oleh:
Universitas Dian Nuswantoro
Jl. Imam Bonjol, No. 207, Semarang, Provinsi Jawa Tengah
Telp :(024) 3575916
Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA 4.0