PERANCANGAN IKLAN KOMERSIAL UNTUK MENGENALKAN BATIK EKA DI KOTA SEMARANG
Abstract
Batik Eka merupakan UMKM di Semarang yang bergerak di
bidang usaha kain batik sejak tahun 2005. Menurut pemilik
Batik Eka dia ingin meningkatkan penjualannya di wilayah
Kota Semarang, dan diketahui, masih banyak masyarakat
Kota Semarang yang belum mengenal Batik Eka. Oleh
karena itu Batik Eka membutuhkan perancangan media
promosi yang komunikatif dan menarik. Metode penelitian
untuk perancangan menggunakan pendekatan kualitatif
dengan analisis SWOT untuk mendapatkan strategi kreatif
yang efektif sesuai dengan karakteristik pasar dalam
kegiatan promosi. Media yang dipilih adalah spanduk
sebagai media utamanya, dengan media pendukung lain
seperti Neon Box (papan nama), x-banner, poster, brosur,
stiker dan konten instagram. Diharapkan dengan
perancangan iklan ini dapat meningkatkan penjualan dalam
waktu jangka pendek dan meningkatkan brand awareness
dalam waktu jangka panjang terhadap masyarakat
Semarang.
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Susanto. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.
Buchari Alma, (2011), Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan Kesembilan.Bandung :
CV. Alfabeta.
Djaslim Saladin. (2007). Manajemen Pemasaran analisis, perencanaan, pelaksanaan, dan
pengendalian. Bandung : CV. Linda Karya.
Ebert, J. Ronald, Ricky W. Griffin. (2000). Bussines Essentials. New Jersey : Prentice Hall.
Griffin, Ricky W., Ronald J. Ebert. (2009). Bussines edisi Kedelapan. New Jersey : Prentice Hall.
Huda. Dkk. 2017. Pemasaran Syariah Teori dan Aplikasi Edisi Pertama.Depok : Kencana.
Joko P. 2013. Perancangan Media Promosi Batik Rajawali Pekalongan. Skripsi. Tidak Diterbitkan.
Fakultas Ilmu Komunikasi. Universitas Dian Nuswantoro: Semarang.
Kasali, Rhenald.1995. Manajemen Periklanan, Cetakan Keempat. Jakarta: PT Anem Kosong.
Kotler, Philip, Kevin L. Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid I. Edisi Kesebelas. Jakarta : PT
Indeks Gramedia.
Kriyantono, Rachmat. 2013. Management Periklanan : Teori dan Praktek. Malang : UB Press.
Lisbijanto, Herry. 2013. Batik. Yogyakarta: Graha Ilmu
Marzuki Sulaiman, Annas. 2016. Komunikasi Pemasaran dan Branding. Surakarta : PT IndopustakaSinergis
Musman, Asti dan Arini, Ambar B. 2011. Batik Warisan Adiluhung. Jogja:G-Media
Rustan, Surianto. 2009. Mendesain Logo.Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama
Sanyoto, Sadjiman. E. 2006. Metode Perancangan Komunikasi Visual Periklanan. Yogyakarta:
Dimensi Press.
Sulistyorini, Indah & Birmanti Setia Utami. 2018. Perancangan Kemasan Muria Batik Kudus untuk
Memperkenalkan Kebudayaan Lokal Kota Kudus. Andharupa: Jurnal Desain Komunikasi
Visual & Multimedia, Vol. 04 (02), 173-187.
Supriono, Primus. 2017. Pengertian Batik.
http://alonabatik.com/berita/detail/pengertian-batik-40287.html (diakses tanggal 21 Juli 2020)
Wulandari. dkk. 2011. Batik Nusantara : Makna Filosofis, cara pembuatan dan industry batik.
Yogyakarta: Andi
DOI: https://doi.org/10.33633/ctr.v2i3.4913
Article Metrics
Abstract view : 160 timesPDF - 400 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
diterbitkan oleh:
Universitas Dian Nuswantoro
Jl. Imam Bonjol, No. 207, Semarang, Provinsi Jawa Tengah
Telp :(024) 3575916
Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA 4.0