Analisa Pengaruh Matakuliah Riset Teknologi Informasi Terhadap Penulisan Skripsi dan Tugas akhir Mahasiswa STMIK Sinar Nusantara
Abstract
Kualitas suatu perguruan tinggi salah satunya ditentukan dari hasil riset. Riset ini dimaksudkan untuk peningkatan ilmu
pengetahuan, penyelesaian masalah atau penciptaan trobosan baru yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,
peneliti, Kampus dan lain-lain. Riset merupakan ilmu dasar yang harus dikuasai oleh setiap mahasiswa, maka perlu bagi
STMIK Sinar Nusantara membekali mahasiswa dengan kemampuan riset melalui matakuliah Riset teknologi Informasi.
Tujuan penelitian adalah Mengukur ada tidaknya pengaruh matakuliah Riset Teknologi Informasi dalam penulisan
Skripsi/Tugas Akhir Mahasiswa sehingga matakuliah ini berpengaruh pada penyelesaian tugas akhir/skripsi dan
menganalisa materi yang harus diberikan pada Matakuliah Riset teknologi Informasi sehingga membantu Tugas akhir atau
Skripsi Mahasiswa. Berdasarkan kuisioner yang disebar untuk 60 mahasiswa yang sudah atau sedang mengambil matakuliah
tugas kahir/skripsi, diperoleh hasil bahwa pembelajaran RTI memiliki hubungan terhadap pemahaman mahasiswa dalam
penulisan tugas akhir/skripsi sebesar 46,9% (dampak/implikasi) sisanya 53,1% dipengaruhi oleh lain yang tidak masuk dalam
model ini.
Kata kunci: Analisis, Pengaruh, Riset Teknologi Informasi, tugas akhir dan Skripsi
pengetahuan, penyelesaian masalah atau penciptaan trobosan baru yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,
peneliti, Kampus dan lain-lain. Riset merupakan ilmu dasar yang harus dikuasai oleh setiap mahasiswa, maka perlu bagi
STMIK Sinar Nusantara membekali mahasiswa dengan kemampuan riset melalui matakuliah Riset teknologi Informasi.
Tujuan penelitian adalah Mengukur ada tidaknya pengaruh matakuliah Riset Teknologi Informasi dalam penulisan
Skripsi/Tugas Akhir Mahasiswa sehingga matakuliah ini berpengaruh pada penyelesaian tugas akhir/skripsi dan
menganalisa materi yang harus diberikan pada Matakuliah Riset teknologi Informasi sehingga membantu Tugas akhir atau
Skripsi Mahasiswa. Berdasarkan kuisioner yang disebar untuk 60 mahasiswa yang sudah atau sedang mengambil matakuliah
tugas kahir/skripsi, diperoleh hasil bahwa pembelajaran RTI memiliki hubungan terhadap pemahaman mahasiswa dalam
penulisan tugas akhir/skripsi sebesar 46,9% (dampak/implikasi) sisanya 53,1% dipengaruhi oleh lain yang tidak masuk dalam
model ini.
Kata kunci: Analisis, Pengaruh, Riset Teknologi Informasi, tugas akhir dan Skripsi
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 487 timesPDF - 456 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.