VISUAL BRANDING ELEMENT UNIVERSITAS NEGERI MALANG DALAM DESAIN JAKET VARSITY (STUDI KASUS PADA STUDIO DESAIN VISORY)

Yon Ade Lose Hermanto, Moch. Abdul Rohman, Habiburrahman Hakim

Abstract


Merchandise official Universitas Negeri Malang (UM) kurang
diminati karena sifatnya yang formal, kaku, dan kurang menarik
untuk digunakan di luar kampus. Perancangan ini dibentuk untuk
mendukung branding UM sekaligus meningkatkan minat civitas
UM menggunakan merchandise UM. Merchandise dapat digunakan
sebagai sarana pendukung branding serta menjadi income
generating untuk UM yang kini menyandang status sebagai
Perguruan Tinngi Negeri Badan Hukum (PTN-BH). Perancangan
ini menggunakan metode perancangan dari Alina Wheeler. Dalam
proses perancangan, perancang bekerja melalui studio
creativepreneur perancang yakni Visori sebagai tim perancangan.
Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain angket,
wawancara dengan tim branding UM, dan observasi. Proses
perancangan dimulai dari pengumpulan data, menentukan
kebutuhan perancangan, merancang elemen visual kasual untuk
jaket merchandise, tahap produksi, pengambilan gambar untuk
promosi, hingga pemasaran. Hasil dari perancangan ini adalah jaket
varsity dengan elemen visual kasual yang mendukung branding UM
yang dapat digunakan secara kasual atau tidak kaku. Produk
diunggah ke Instagram akun @visori.university dan Tokopedia agar
dapat dibeli oleh konsumen.


Full Text:

PDF

References


Alfa Hartoko; Whindy Yoevestian. (2011). Desain merchandise pilihan / Alfa Hartoko ; editor,

Whindy Yoevestian. Jakarta :: Elex Media Komputindo,.

Caesaria, S. D. (2022). Daftar 21 PTN-BH di Indonesia, Apa Itu PTN-BH?

https://www.kompas.com/edu/read/2022/10/27/102204071/daftar-21-ptn-bh-di-indonesia-apaitu-ptn-bh?page=all

Diedit. (2022). Arti Warna Putih dan Karakter Kepribadiannya - diedit.com.

https://www.diedit.com/arti-warna-putih/

Fadhillah, K. (2020). Strategi Visual Marketing untuk Meningkatkan Minat Customer.

https://www.jojonomic.com/blog/strategi-visual-marketing/

Fitinline. (2019, May 29). Sejarah dan Perkembangan Model Jaket Varsity Serta Bahan Yang Sering Digunakan Untuk Membuatnya. https://fitinline.com/article/read/sejarah-danperkembangan-model-jaket-varsity-serta-bahan-yang-sering-digunakan-untuk-membuatnya/

Fontsfamily. (2015). Varsity Font Free Download. https://freefontsfamily.com/varsity-font-familyfree-download/

Hasanah, S. (2022). Sejarah, Fakta, dan Makna Warna Ungu yang Perlu Diketahui.

https://kamini.id/makna-warna-ungu/

Hermanto, Yon Ade Lose (2021). Creative Process in Creating Letters Design. International

Seminar on Language, Education, and Culture (ISoLEC 2021): Altantis Press Advances in

Social Science, Education and Humanities Research, volume 612

Hermanto, Yon Ade Lose (2022). Collaboration Between Typography and Visual Narrative to

Strengthen the Communication Delivery Process. KnE Publishers: International Conference on

Art, Design, Education and Cultural Studies (ICADECS) volume 2022

I Komang Dewanta Pendit. (2019). Strategi promosi melalui media desain poster dalam pencitraan

publik. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 7(5), 192–210.

https://doi.org/10.5281/zenodo.3900626

Kurniasih, W. (2022). 11 Arti Warna dalam Psikologi dan Filosofinya - Best Seller Gramedia.

https://www.gramedia.com/best-seller/arti-warna-dalam-psikologi-dan-filosofinya/

Merna. (2022). Filosofi Warna Kuning, Tidak Hanya Melambangkan Keceriaan dan Kebahagiaan

Saja, Lho! | Orami. https://www.orami.co.id/magazine/filosofi-warna-kuning

Rofi’udin, A. (2016, January 25). Our Director’s Introduction. http://piu-idb.um.ac.id/en/ourdirectors-introduction/

Shinta, A. (2022). Pengertian Mockup, Fungsi, dan Perbedaannya dengan Prototype.

https://www.dewaweb.com/blog/apa-itu-mockup/

Tezar, A. (2022). Sejarah Jaket Varsity (Letterman Jacket) » Ozza Konveksi.

https://ozzakonveksi.com/sejarah-jaket-varsity/

UM. (2019). Katalog Resmi UM. 7.

Wheeler, A. (2018). Designing Brand Identity. New Jersey : John Wiley & Sons., 2018.

Lexy J. Moleong (penulis). (2018). Metodologi penelitian kualitatif / penulis, Prof. DR. Lexy J.

Moleong, M.A.. Bandung :: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.33633/ctr.v4i4.7683

Article Metrics

Abstract view : 125 times
PDF - 150 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

       

 

 

diterbitkan oleh:

Universitas Dian Nuswantoro
Jl. Imam Bonjol, No. 207, Semarang, Provinsi Jawa Tengah
Telp :(024) 3575916

 

Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA 4.0