PERANCANGAN PEMBELAJARAN TRANSFORMASI UNTUK SEKOLAH MENENGAH ATAS BERBASIS MULTIMEDIA
Abstract
Proses pembelajaran khususnya di dalam mata pelajaran matematika bagi sebagian siswa dianggap kurang menarik dan sulit terutama yang menyangkut tentang transformasi. Para siswa kurang bisa menangkap apa yang disampaikan oleh guru, karena ilustrasi penyampaian materi kurang bisa memberikan gambaran yang jelas. Untuk itu harus ada media pembelajaran yang bisa membuat siswa tertarik dan dapat memahami dengan mudah. Pembuatan media pembelajaran animasi transformasi ruang dengan menggunakan Macromedia Flash 8 adalah salah satu cara yang bisa dilakukan. Tujuan dari tulisan ini adalah untuk memungkinkan siswa mudah dan tertarik untuk belajar dan memahami mata pelajaran matematika khususnya tentang transformasi tata ruang. Rancangan program bantu belajar ini dibuat menggunakan model Waterfall metode desain dan system analisis rekayasa perangkat lunak analisis persyaratan, desain, program, pengujian dan pemeliharaan program untuk menambah pengetahuan tentang gambaran bagaimana transformasi ruang bayangan dalam bentuk animasi dan soal latihan.
Kata Kunci: transformasi, pembelajaran, multimedia.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.33633/tc.v15i2.1177
Article Metrics
Abstract view : 316 timesPDF - 315 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Diterbitkan Oleh :
Jurnal Techno.Com terindex di :
Jurnal Teknologi Informasi Techno.Com (p-ISSN : 1412-2693, e-ISSN : 2356-2579) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.