USER INTERFACE DALAM DESAIN MODEL PENAKSIR RESPON EMOSI
Abstract
Interface merupakan sarana interaksi antara pengguna dengan sistem. Interface yang baik akan sangat mempengaruhi kinerja pengguna system. Model penaksir Emosi merupakan sebuah model yang digunakan untuk menilai efek warna dari sebuah desain interface berupa respon emosi tertentu. Penulis melakukan analisis terhadap aplikasi ini menggunakan Model GOMS dan KLM. Disini penulis melihat dan memperkirakan pikir dan reaksi dari pengguna sistem. Sehingga dapat diketahui bagaimana user akan berinteraksi dengan interface, bagaimana interface ini mempengaruhi kinerja pengguna, serta dapat mendeskripsikan bagaimana seorang pengguna sistem menggunakan aplikasi Model Penaksir Respon Emosi ini. KLM yang sudah dianalisis menunjukkan asumsi waktu yang diperlukan untuk mencapai tujuan, sebagai contoh untuk sub-tujuan/ sub-Goal untuk melakukan proses pengujian, ada 2 pilihan untuk mencapai tujuan, dengan masing-masing prosedur memerlukan waktu yang berbeda. Pilihan prosedur/ methods ini bisa disesuaikan oleh penggun. Pengguna ahli akan berbeda dengan pengguna pemula. Aplikasi Model Penaksir Emosi ini cukup sederhana dengan Goals (tujuan) yang jelas sehingga dapat digunakan dengan mudah oleh pengguna.
Kata Kunci: aplikasi, desain, emosi, model, GOMS,KLM, respon, user interface,warna
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.33633/tc.v15i3.1236
Article Metrics
Abstract view : 482 timesPDF - 893 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Diterbitkan Oleh :
Jurnal Techno.Com terindex di :
Jurnal Teknologi Informasi Techno.Com (p-ISSN : 1412-2693, e-ISSN : 2356-2579) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.