Implementasi Natural Language Processing (NLP) Dalam Pengembangan Aplikasi Chatbot Pada SMK YPE Nusantara Slawi
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
R. Bangun, C. Informasi, and L. Pekerjaan, “Rancang Bangun Chatbot Informasi Lowongan Pekerjaan Berbasis Whatsapp dengan Metode NLP ( Natural Language Processing ),” vol. 5, no. 1, pp. 619–626, 2020.
O. Al and H. Tangerang, “Penerapan Chatbot Menggunakan Aiml Berbasis Android Pada Smk,” no. November, pp. 27–33, 2019.
J. Hill, W. Randolph Ford, and I. G. Farreras, “Real conversations with artificial intelligence: A comparison between human–human online conversations and human–chatbot conversations,” Comput. Human Behav., vol. 49, pp. 245–250, 2015, doi: https://doi.org/10.1016/j.chb.2015.02.026.
N. N. Khin and K. M. Soe, “University Chatbot using Artificial Intelligence Markup Language,” in 2020 IEEE Conference on Computer Applications(ICCA), 2020, pp. 1–5. doi: 10.1109/ICCA49400.2020.9022814.
B. Rusmarasy, B. Priyambadha, and F. Pradana, “Pengembangan Chat Bot pada CoMa untuk memberikan motivasi kepada pengguna menggunakan AIML,” vol. 3, no. 5, pp. 4484–4490, 2019.
J. Ilmiah, I. Komputa, E. N. S. C. P, I. Afrianto, J. Dipati, and U. No, “Wisata Kota Bandung Dengan Pendekatan Natural Language Processing Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika ( KOMPUTA ) Teknik analisis data dalam pembuatan perangkat,” vol. 4, no. 1, pp. 49–54, 2015.
J. Aprian and A. Budi, “Jurnal Informatika dan Bisnis ISSN 2301-9670 Penerapan Natural Language Processing Dalam Aplikasi Chatbot Sebagai Media Pencarian Informasi Dengan Menggunakan React (Studi Kasus : Institut Bisnis Dan Informatika Kwik Kian Gie) Jurnal Informatika dan Bis”.
N. Munasatya and S. Novianto, “Natural Language Processing untuk Sentimen Analisis Presiden Jokowi Menggunakan Multi Layer Perceptron,” Techno.Com, vol. 19, no. 3, pp. 237–244, 2020, doi: 10.33633/tc.v19i3.3630.
G. Huang and K. Q. Weinberger, “Densely Connected Convolutional Networks”.
S. Sains, I. Gunawan, H. Asnal, M. N. Cahyadi, and Z. M. G, “Perancangan Chatbot untuk Layanan Informasi Sekolah ( Studi Kasus SMK Dwi Sejahtera Pekanbaru ),” 2022, doi: 10.33372/stn.v8i2.880.
A. Ho, J. Hancock, and A. S. Miner, “Psychological, Relational, and Emotional Effects of Self-Disclosure After Conversations With a Chatbot.,” J. Commun., vol. 68, no. 4, pp. 712–733, Aug. 2018, doi: 10.1093/joc/jqy026.
A. Hikmah et al., “Implementasi Natural Language Processing Pada Chatbot Untuk Layanan Akademik,” vol. 10, no. 1, pp. 371–382, 2023.
S. Hidayat, A. Silvanie, and R. Subekti, “Chatbot Untuk Konsultasi Akademik Menggunakan Natural Language Processing,” vol. 6, no. 2, pp. 396–410, 2022, doi: 10.52362/jisamar.v6i2.780.
I. M. De Andrade and C. Tumelero, “Increasing customer service efficiency through artificial intelligence chatbot,” vol. 29, no. 3, pp. 238–251, 2022, doi: 10.1108/REGE-07-2021-0120.
A. A. Hania and Y. T. Indonesia, “Mengenal Artificial Intelligence, Machine Learning, Neural Network, dan Deep Learning,” no. June, 2017.
DOI: https://doi.org/10.33633/tc.v22i4.9155
Article Metrics
Abstract view : 32 timesPDF - 25 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Diterbitkan Oleh :
Jurnal Techno.Com terindex di :
Jurnal Teknologi Informasi Techno.Com (p-ISSN : 1412-2693, e-ISSN : 2356-2579) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.